Stop! Jangan Mulai Jadi Rapper Jika Tidak Tahu Ini !






Dari pandangan gua, industri hip-hop di tanah air saat ini sedang panas dan masih panas dalam jangka waktu tertentu kedepannya. Tidak lain tidak bukan adalah karena si Y**** L**  yang.... aduh gimana ya..... susah menceritakannya. Di sisi lain, ada rapper Indonesia, yang mampu menembus atmosfer internasional, ya, Rich Chigga alias Brian Imanuel. Keren banget deh dia kalo nge-rap.

Oke, ketika memandang situasi dan kondi
si yang seperti ini, gua yakin banyak orang yang mulai kepikiran untuk membangun karir Rap-nya. Termasuk kalian, ya, kalian. Gua cuman mau kasih tau kalo kalian jangan bangun karir Rap jika kalian tidak hal-hal yang penting dalam memulainya. Berikut "hal-hal" tersebut:  


CERITA

Cerita seperti apa yang ingin kalian nyatakan? Yah, setidaknya kalian memilikinya. Bakalan sulit meroket di studio jika kalian tidak memiliki cerita hidup untuk dibuat suatu lagu. Kalian mungkin bertanya: tidakkah semua orang punya cerita? Tentu punya, secara teknis semua orang dalam kehidupan ini pasti memiliki sebuah cerita, tapi yang terpenting apakah cerita kalian cukup menarik untuk memikat audiens dan seakan-akan mampu menarik mereka ke dalam lagu kalian? Apakah ceritamu layaknya kisah Kanye West dengan "College Dropout" tentang mimpi bermusik? Atau tentang  Anak laki-laki kulit putih Eminem yang tumbuh di lingkungan hitam yang kemudian mendapatkan penghargaan dari teman-teman Hip-Hop-nya? Semua cerita ini (dan banyak orang lain) memiliki kesamaan bahwa mereka benar-benar memilih cerita dengan identitas yang bernilai yang mampu menarik banyak audiens untuk mengapresiasi karya mereka. Menurut gua, lagu rap yang baik adalah lagu yang memang berasal dari cerita yang pernah dialami oleh pencipta, bukan mengada-ada seloah pencipta lagu pernah dibully, dipenjara, dianiaya, atau pun konsumsi narkoba. Sehingga lirik-lirik yang menetas tidak akan terasa aneh, malah justru akan nancap di hati audiens dengan lirik-lirik pedasnya.

RENCANA PEMULIHAN

Gua tahu, ... Kalian pasti pernah mendengar ataupun membaca pernyataan dari para artis yang mengatakan "tidak ada rencana B ." Baiklah, menurut gua ini bodoh. Semua orang, apapun industri yang dinginkan atau karir apa yang  diinginkan, harus memiliki semacam rencana cadangan. Ini tidak berarti bahwa jika kalian ingin memiliki karir Rap, rencana cadangan kalian tidak dapat berhubungan dengan musik. Bisa jadi rencana cadangan kalian adalah masuk ke pemasaran musik atau menjadi produser musik, jika karir Rap tidak berjalan baik. Intinya adalah, jika kalian tidak memiliki rencana cadangan, kalian akan berkecil hati di setiap sudut jika segala sesuatunya tidak selalu sesuai dengan keinginan kalian. Rencana cadangan benar-benar memungkinkan kalian mengambil lebih banyak peluang, menggiling lebih keras, dan bekerja lebih cerdas. Dapatkan pendidikan dari beberapa macam dan tentukanlah tempat dimana kalian jatuh kembali, karena kenyataannya kalian mungkin tidak akan menjadi Rapper superstar.

RENCANA JANGKA PANJANG

Apakah kalian tahu kemana kalian terbang? Tidak, bukan besok ... tapi setahun dari sekarang. Perhatikan, jika kalian hanya bersenang-senang membuat beat yang keren atau merekam lagu rap  di studio kamar tidur kalian, mantap jiwa ... tidak ada yang salah dengan itu. Tetapi jika kalian ingin menginvestasikan waktu dan uang dengan harapan mengukir karir di Rap untuk diri kalian sendiri, kalian perlu merumuskan beberapa jenis rencana. Bagaimana kalian akan membayar waktu kalian ketika berada di studio? Jika kalian memiliki studio sendiri, tidakkah kalian perlu memperbarui peralatan tempur kalian? Berapa banyak waktu yang akan kalian peroleh setiap minggu untuk diluangkan ke dalam karir Rap kalian? Jika kalian mencoba dan melakukannya dengan sepenuh hati, berapa banyak uang yang ada di tabungan kalian dan berapa lama waktu yang memungkinkan kalian untuk tidak bekerja? (Gua tidak merekomendasikan melakukan ini). Bagaimana Anda akan mendapatkan tekan? Anda butuh seorang publisher? Berapa lama kalian bakalan butuh seorang publisher? Berapa album / single yang akan kalian rilis pada tahun ini? Siapa saja yang akan menangani karya seni kalian?

SEBUAH TIM

Gua akan memberi kalian beberapa saran penting yang akan menyelamatkan kalian ketika kalian gagal dalam berkarir di dunia Rap. Jika kalian  benar-benar serius dengan karir Rap dan belum membangun tim yang solid di sekitar kalian, kalian ... akan ... gagal. Ini bukan "Anda mungkin gagal", ini adalah kalian ... akan ... gagal ... dijamin. Jika kalian bisa memberi gua contoh artis Rap yang bisa sukses tanpa memiliki tim, silakan email saya di kforkrul@gmail.com atau sebut gua di twitter @khoirul_ari, gua siap memakan kata-kata gua. Jadi apa itu "tim" yang kalian butuhkan ... Menurut gua setidaknya kalian memerlukan 2 dari 4 hal berikut dalam perjalanan awal kalian :

- Manajer

- Konsultan Bisnis Musik

- Publisher

- Tim produksi

Kombinasi dari 2 dari 4 hal ini memungkinkan kalian membangun pondasi yang kuat sejak awal. Rekomendasi gua (dari formula yang pernah gua lihat telah bekerja dan yang sedang bekerja sekarang dalam berbagai hal) adalah dengan mengaitkan kalian dengan tim produksi dan konsultan bisnis musik. Seorang konsultan adalah seorang manajer pseudo(samar-samar) dan seseorang yang bisa memberi kalian tempat yang solid untuk memulai dari awal. Mengaitkan kalian dengan tim produksi berbakat yang percaya dengan musik kalian tidak hanya akan memotivasi kalian untuk sukses tapi akan (semoga saja) memberi kalian biaya untuk menggunakan studio rekaman yang sangat murah (atau bahkan lebih baik, gratis :D). Ini juga akan memberi musik kalian suatu konsistensi dan kalian bisa mulai membangun musik kalian sendiri.

UANG

Menghabiskan uang untuk menghasilkan uang(hah ??). Tujuan dari contoh ini adalah untuk menekankan bahwa waktu juga uang. Jadi, pilih untuk punya semua waktu di dunia atau uang ?. Hehehe. Sebelum mencoba memulai bisnis dalam bentuk apapun (dan ya, karir Rap potensial kalian adalah bisnis), kalian perlu memiliki dana dari beberapa hal, kalian tentu perlu membayar pihak ketiga untuk membantu kalian sepanjang perjalanan. Kalian tidak perlu "berlutut" untuk memberi tahu tentang pendanaan karir Rap kalian, cukup pastikan kalian bisa membayar daftar tagihan kalian, memiliki arus kas yang tentu, dan bisa mendanai apa saja yang bisa menjadi suatu jalan yang mahal.

CITRA

Sebelum menampilkan diri kalian (dan tentunya karya kalian) kepada publik, kendalikan terlebih dahulu citra kalian. Sekarang kalian mungkin bertanya, bukankah citra gua adalah gua sendiri? Apakah gua benar-benar perlu untuk memilikinya? Jawaban singkatnya adalah tidak, Anda benar. Citra kalian adalah bagaimana kalian membangun kalian sendiri. Cukup dengan diri kalian sendiri dan cobalah untuk membangun karakteristik yang menekankan bahwa audiens benar-benar mengenal kalian. Contoh, Rick Ross; Apakah dia mencoba-coba obat terlarang di masa lalu? Mungkin, tapi apakah dia gembong dalam bisnis narkoba? Tidak, tapi dia telah membangun citra untuk dirinya sendiri dan membuat jalannya sendiri ke panggung publik. Benci dia atau cintai dia, dia menciptakan suatu citra. Ya, dia kadang-kadang bergulat dengan citra itu (kacamata hitam palsu, foto polisi) tapi dia bertahan dengan itu dan berkata "ini adalah siapa saya" ... meski itu tidak sepenuhnya benar. Jadilah yang asli ... tapi tetap kreatif.

KENALI AUDIENS

Sebelum meroket, kenali terlebih dahulu untuk siapa musik kalian, apakah untuk kaum muda, pemerintah, kaum terendahkan, aktivis, anak  SD,  atau malah lansia?.Hehe. Ketika kalian telah mengenali itu, maka kalian akan dengan mudah menentukan lirik yang tepat, serta beat yang tepat. Misal, target kalian adalah kaum muda, maka kaitkan musik kalian dengan aktivitas-aktivitas anak muda, seperti pacaran, main malam-malam, pergi ke mall menghamburkan uang, atau yang lain yang sesuai dengan apa yang kalian inginkan pada musik kalian (biar ngena).

MUSIK YANG BAGUS

Jika kalian tidak yakin apakah musik kalian bagus atau tidak, cobalah pergi ke suatu tempat dan temukan sekelompok remaja yang terlihat seperti mereka menyukai Hip-Hop (atau setidaknya menyukai musik) dan mainkanlah beberapa lagu untuk mereka. Tanyakan kepada mereka apa pendapat mereka tentang musik kalian. Apakah mereka suka? Apakah mereka pikir itu menyebalkan? Apakah ada bagian dari musikmu yang mereka suka? Apakah mereka ngin mengubah ketukannya? Apakah aliran kalian perlu adanya perbaikan? dan lain-lain. Perhatikan, salah satu masalah terbesar yang dimiliki rapper adalah bahwa mereka tidak pernah memainkan musik mereka untuk audiens yang diskriminatif(audiens yang memilih-milih). Sebelum memutuskan apakah musik Anda cukup baik untuk memulai karir di bidang musik, mainkan musik kalian untuk beberapa orang ... BUKAN TEMAN ANDA. Mengapa ... karena mereka membiarkan kalian melakukan omong kosong dan tidak memberikan kritik kepada kalian untuk musik kalian.  Teman, kemungkinan besar tidak akan memberitahu kalian kalau musik kalian itu menyebalkan (teman kalian mungkin ingin, tapi mereka mungkin tidak akan). Cari tahu apakah musik kalian bagus dulu. Dan pastinya jangan tanya media (dan itu termasuk blogger) "apakah musik saya bagus? Menurut anda lagu ini bagus?" Cari tahu dulu dan jangan buang waktu yaaa.

BELAJAR

Sebenarnya, gua tidak tahu apakah rapper-rapper terkenal layaknya Eminem, Kanye West, Kendrick Lamar, dan  rapper-rapper yang lain itu terkenal karena asal nge-rap. Yang jelas, mereka pasti pernah mendengarkan musik dari para legenda rap dalam satu playlist, dan mereka pasti belajar dari lagu-lagu rap itu. Dan, Bagaimana mungkin mereka bisa buat lirik-lirik pedas dengan silabel yang tertata rapi tanpa pengetahuan akan kosa kata yang luas? Baca dan belajar lah. Rapper tanah air yang tidak belajar? Duh... siapa ya? Oleh karena itu, jika kalian serius dalam karir rap, gua yakin kalian tidak akan sukses seperti rapper-rapper tersebut jika kalian tidak pernah belajar dalam dunia rap(belajar yang gua maksud termasuk latihan yaa :) )

HARAPAN REALISTIK

Tetapkan beberapa ekspektasi realistis tentang apa yang dapat kalian harapkan dari karir Rap. Dengan banyak kerja keras dan tekad, kalian mungkin bisa membangun audiens dan karir di luar musik kalian ... tapi bukan berarti Anda akan kaya atau kaya raya. Bangun audiens? jaman sekarang mudah banget!! Jasa jual follower aja udah banyak banget. Tapi, untuk mendapatkan audiens yang benar-benar menyukai musik Anda itu adalah hal yang sulit. Untuk itu, jangan harap musik kalian bakalan masuk puncak billboard, jadi soundtrack Fast Furious .. ,  atau bahkan dapat uang jutaan dollar kalo usaha kalian masih belum setimpal. Usaha setimpal tapi hasil belum maksimal? You know that every great stories has their own problems at the beginning. Cukup konsisten dalam usaha kalian dan berharaplah yang realistis.


Terima kasih telah mengambil keputusan untuk berkunjung krulpress.blogspot.com


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »